Workshop Kewirausahaan

Strategi Menjadi Digital Marketer di Masa Pandemi

Sabtu-Minggu, 22-23 Agustus 2020

Hari Pertama
Pembicara: Krishna Adityangga
-Pengenalan Digital Business Syariah
-Marketing and Promotion Strategy business Syariah

How To digital Plan Branding in Era Discuption

Banyak fenomena yang mendadak, memaksa berdigital.
1.Nilai positif
2.Nilai normative, jika tidak tersedukasi arahnya ke gambling.
Isu disruption yang terpaksa, merekamau tidak mau saat mengiklankan langsung menginginkan konversi. Platform dalam digital tidak bisa menerapka sma a:
1.Digitisation : konversi , namun tidak jelas app nya jalan atau tidak.
2.Digitalization 😕
Growth Manajemen Platform :
1.Acquisition
2.Activation : menghitung mundur mengarahkan orang ke produk kita.
3.Retention : langsung membaca dari view screen mereka kemudian di konversi ke penawaran-penawaran. Misal coba dulu baru bayar.
4.Revenue
Channel : web, mobile web, mobile app, Ads, Messaging.
Ada beberapa hal yang perlu dipahami, dari salah satunya yaitu membaca data dengan baik.
Selain itu memahami karakter konsumen Gen Z. Karena 2035 akan menjadi konsumen terbesar.
Red ocean : price war
Blue ocean : bisa memiliki ruang tersendiri. Terjadi uncertainty dan kompetisi yang luar biasa.
Purple ocean.
Sekali data terunggah maka seluruh dunia akan melihat. Akan muncul banyak tiruan yang menjamur dan hal tersebut mudah.
Menjadi Moderen Marketer, Scientist juga diperlukan. Research itu penting. Membaca dinamika pasar dan apa yang harus dilakukan penyedia jasa digital. Analisis digital marketing itu penting yang nanttinya akan dibuat produk.
Service level Agreement :
Experience level agreement : lebih dibutukan, experience orang lebih dibutuhkan.
Ekspektasi pelanggan sejauh mana perlu diperharikan. Kemudian antisipasi kebutuhan2, problem2nya, kow to provide, servise secara totalitas.
Ketika melakukan digitak marketing.

9. Ask the feed back: jangan noising / brisik
10. Berikan feedback yang signifikan
Pastikan publish

1.Tools
Tokopedia : laki2
Shopee : produk laki2
2.Google ads, facebook ads, atau tiktok dll
Pake channel apa :

1.Define your primary company goals
-Brand awareness
-Sales Generation
-Lead Generation
-Educate Potential Customer
-Generate Traffic
2.Define your budget allocation
-Fees for digital marketing manajer
-Etc
Pastikan cost untuk :
-Development Skills
-Creative Skills
-Search Skills
-Social Skills
3.Identify Your Available talent
Buatlah sesuatu hal yang memang berbasis pada arah produk atau company kita. Goals dan produk yang dibangun harus konsisten.
Be honest to Customer and Be a Content Creator not Motivator. Iklan jangan hiperbola dan promising. Jadi customer merasakan apa yang kita jual.

Tanya jawab :
1.Karena penggunanya ada di luar negeri. Bisa internasional karena ada komunitasnya. Tools google analitic. Strategy oorth marketing masih organic. Islamic business to startup banyak fundamentalnya.
2.Cara membuat awareness untuk meningkatkan bisnis baru. Harus membuat sosial impact, tidak hanya kontroversial. Dengan sosial impact maka lama terpakainya. Sosial impact itu dilihat dari kebermanfaatan, produk memiliki manfaat, tidak
3.Algoritma adalah logika yang dibangun/runtutan dari masalah yang akan di selesaikan dengan platform tersebut. Bagaimana menyajikan dan
Gratis : oorth, facebook, namun tidak optimal.
4.Menjual produk lain masih satu corporate, harus mampu di narasikan dengan baik. Atau kalau ingin memiliki brand sendiri dan company yang berbeda, maka sediakan hal yang berbeda.
5.Supplier akan datang jika tempatnya strategis. Jika kita yang mencari maka kita ikut grup2 pelatihan, grup WA yang masuknya supplier.

Hari Kedua
Pembicara: Iqbal Nuryana dan Febrianna Indah N
– Facebook ads
– Inkscape

SESI MATERI FB ADS
Pengenalan FB Ads
Memilih metode yang tepat untuk berjualan. FB Ads itu hanya salah satu alat. Ada alat lain seperti pakai marketplace, Instagram, dan Facebook.

Marketplace
ï‚·Marketplace itu seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain-lain.
ï‚·Target pasarnya luas, ada yang untuk orang dewasa maupun anak muda. Misalnya Tokopedia menyasar kalangan pria.
ï‚·Menggunakan organik dan paid. Organik itu memperbaiki sisi selain iklan, misalnya tampilannya.
ï‚·Penting untuk menekankan banyaknya varian produk.
ï‚·Fokus ke produk. Yang ditampilkan hanya foto produk dengan background putih saja.
ï‚·Adanya perang harga sehingga margin produk harus kecil.
ï‚·Aset berupa rating, komentar, dan jumlah pembeli. Semakin efektif jika rating di toko semakin banyak.
ï‚·Trust dibentuk dari banyaknya orang bertransakasi.
Instagram
ï‚·Ketika memiliki produk, sasarannya hanya anak-anak muda dan orang yang melek teknologi.
ï‚·Ada baiknya organik.
ï‚·Dalam satu toko ada banyak variasinya. Misalnya sepatu yang memiliki banyak model.
ï‚·Penting untuk menarik visual. Perlu model bahkan model orang.
ï‚·Aset berupa followers dan audience.
ï‚·Marginnya bebas.
ï‚·Followers semakin banyak semakin baik.
Facebook Ads
ï‚·Sasarannya anak-anak muda yang kurang mengenal teknologi dan orang dewasa di atas 30 tahun.
ï‚·Lebih baik mengandalkan paid.
ï‚·Akan efektif jika kita mengiklankan hanya satu produk tapi tujuh warna.
ï‚·Fokus konten.
ï‚·Minimal margin harus 50 ribu. Kalau tidak 50 ribu, ketika dalam tahap memanaskan pixel dan susah mencari orderan, akan susah. Sedangkan margin 50 ribu, dalam satu hari laku satu pun sudah bisa menutup biaya iklan.
ï‚·Aset berupa pixel dan LTV list. Pixel adalah pendeteksi berapa orang yang lewat dalam Facebook kita dan karakteristik orang tersebut.
ï‚·Rating kurang penting.
ï‚·Trust dibentuk dari landing page. Bagaimana website menampilkan produk layak dibeli.

Facebook Marketplace
Mirip dengan marketplace lainnya hanya saja itu dilihat oleh audiens Facebook. Biasanya pembeli meminta pembayaran COD dan bertemu langsung. Untuk bagian di luar regional kita, biasanya dikirim melalui kurir. Biasanya transaksi offline tidak terjadi rejected. Tapi jika online biasanya ada aja yang bilng kalo barangnya rejected.
Sebelum membuat Facebook Place, kita harus membuat page post. Kelemahannya, yang mampu dilihat customer adalah foto dan caption, tidak ada sarana untuk mengkomunikasikan ulasan produk lebih lanjut. Kita dalam mengkomunikasikan produk hanya melalui foto dan caption. Kelebihannya, trafficnya lumayan bagus. Namun, karena terbatar fasilitasnya, konsumen hanya akan menghargai produknya secara rendah. Di fb Ads itu bisa mengedukasi kalo olshopnya punya website, karena akan meningkatkan harga jual
Customer itu membeli dengan otak kanan atau keinginan dan emosi.

Konsep jualan : Funneling
Offline marketing
Medium prospek (Tanya Spek)
Hot Prospek (tanya harga)
Pemesanan
Pembayaran
Facebook Ads

ï‚·Campaign level
Campaign level itu tujuan kita menggunakan Facebook Ads itu untuk apa. Ada tiga tahap: awreness, consideration, conversion. Ini untuk menarik orang-orang untuk melihat web atau produk, bisa menggunakan Lid generation, Video views, Traffic, Engagement.
ï‚·Ad Set level itu menyasar target kita mau menjual ke orang seperti apa (Contohnya anak-anak muda di kota, emak-emak, dan petualang). Bisa ditargetkan daerah tempat customer hingga wilayah kecamatan, kota, universitas atau pulau. Kita bayar ke FB itu berdasarkan jangkauan. Target bisa berdasarkan demografi, interest, behavious. Bisa mengiklan dari Facebook Ads untuk ke Instagram karena keduanya saling terintegrasi.
ï‚·Ad level itu merujuk pada apa yang akan dijual (what). Di sini, kita mengatur iklan dan foto produk.
Diutamakan harus bisa membaca matriks.

Artificial Intelligence FB Ads
Berawal dari custom audience yang memasuki page dan membeli produk. Custom audience ini dihitung dari landing page view, content view, add to chart, dan leads. Ukuran ini akan diatur oleh Pixel untuk memunculkan look like audience sehingga menemukan audiens yang cocok dengan karakter iklan dan barang yang dijual sehingga memunculkan new audience. Siklus ini akan berulang hingga target iklan semakin mengerucut dan tepat sasaran.
Matriksnya dipahami dalam real di aplikasinya. Link tro adalah orang yang ngeklik. Kemudian diatur langkah-langkahnya, dipasang sensor-sensornya. Jangan banyak-banyak form pengisian karena bisa menimbulkan rasa malas. Setelah semuanya diatur dan orang-orang bisa di kunci jenis-jenis customer untuk membuat looklike audience. Looklike audience adalah target yang dapat dicarikan oleh FB, dan hal tersebut semakin banyak maka akan semakin valid, lebih baik lagi apabila sering melakukan iklan. Semakin lama beriklan dengan cara yang benar, maka FB semakin pintar juga untuk mencarikan target. Namun untuk awal-awal, dapat menjadikan orang-orang yang mampir di olshop sebabgai umpan untuk FB mencarikan looklike.

Tantangan iklan di FB Ads
1.Akan dikenakan pajak 10% sehingga iklan bertambah mahal.
2.Ada teori dari ahli tentang periklanan ini. Namun, ketika dipraktikan akan berbeda pada tiap iklannya.
3.Harus menggunakan paid. Tidak bisa organik. Jadi, harus memiliki modal untuk iklan dan modal untuk stok barang.
4.Margin produk harus tinggi
5.Learning by doing.
6.Aset Facebook itu di Pixel sehingga memerlukan waktu untuk belajar. Pixel itu akan efektif apabila terus diasah sehingga perlu mengeluarkan uang untuk mengiklan.
7.Harus pandai mengatur dan mendesain website.
8.Harus pernah mengalami boncos. Aagar selalu belajar di setiap kerugiannya.
9.Lakukan.

SESI TANYA JAWAB
Panji Saputro Hadi
Saya panji, ijin bertanya, terkait dengan modal itu tadi
Kalau produk yg nyetok itu harus berapa banyak ya mas?
Karena kan kita terbatas gitu modalnya

Jawaban
Coba teman-teman cari supplier yang murah. Tidak apa kulakan dengan stok barang yang sedikit dulu, sekitar RP5.000.000,00. Semakin kita dapat order, semakin ditingkatkan stoknya. Kita niatkan ketika kita belajar FB Ads dan beriklan, kita niatkan untuk bermanfaat bagi banyak orang. Kita niatkan belajar ads itu untuk memberdayakan sosial kita. Karena semakin banyak barang yang kita jual, maka semakin banyak keluarga yang kita bantu untuk dihidupi. Untuk awal, minimall kita ngga rugi itu sudah bagus, karena kita juga sudah dapat pixelnya.
Fauzan Denira
Saya izin bertanya tadi kan bapak menyebutkan minimal margin produk 50 rb, tapi untuk produk produk yg murah seperti sabun/produk konsumsi rumah tangga yang harganya murah, itu kira kira bisa tidak ya?
Jawaban
Sejauh dari analisis, ada penjual yang menjual barang produk rumahan tetapi mereka menjual rentengan atau jumlahnya banyak. Bisa juga jualan bundling yang ada min ordernya. Bisa aja jualnya pake bonus agar menarik. Awareness itu jangkauannya banyak tetapi mereka hanya lihat saja. iklan consideration itu jangkauannya lebih sedikit tetapi audiens sering menanggapi seperti like, comment, share. Bisa juga iklan conversion, itu trafficnya kecil tapi tajam.
Tita Muktiana
Izin bertanya Kriteria website seperti apa yang bisa kita gunakan dalam mendukung marketing memalui facebook ini ? missal blog apakah bisa?
Jawaban
Di Amerika, orang-orang sudah percaya dengan website sehingga pesan dan transfer orang-orang lebih mudah. Di Indonesia, customer takut untuk membeli dari barang di FB Ads, makanya mereka menggunakan COD meskipun menggunakan kurir. Masing-masing ada kelemahan kelebihannya. Website di Indonesia, ciri khasnya hanya ada satu scroll halaman dan dengan konsep semudah mungkin dipahami (model landing page, bukan seperti blog yang klik satu persatu). Landing page yang murah diantaranya Berdu.id, itu sudah lengkap dengan templat dan lain-lain dengan Rp75.000,00. Bisa juga menggunakan website dengan membeli domain sekitar Rp600.000,00 tapi lebih efektif.
Niam
Total tim nya berapa? Dan sebagai apa? Mending conversi wibesite kemana dulu?
Ada 3, masnya, istri dan anak. Dari awal dinimalisisasi dulu costnya. Mulai dulu diawal, apabila sudah jadi baru ajak teman-teman. Konversi akan efektif apabila sudah mentraffic di fb. Memasukkan beberapa model iklan dan akan mnonjolkan 1 iklan yang terbaik, website dulu baru WA.
Lina Mufidah
Izin bertanya. Jika di toko offline kita, kita memiliki bayak produk. Di butik ibu saya menjual berbagai macam, seperti gamis, kemeja, outer, pakaian anak, pakaian tidur, celana jeans, kemeja pria. Lalu, jika sesuai materi tadi, yang menyarankan agar barangnya satu jenis saja, apakah sebaiknya di fb ads juga hanya fokus mengiklankan satu jenis produk saja?
Jawaban
Diatur dulu mana yang marginnya paling besar. Misal, kemeja dulu di running sehingga datanya sudah banyak. Jadi, fokus ke satu dulu dalam mengiklankan di website. Kemudian baru membuat iklan baru. Semua disesuaikan dengan banyak sedikitnya modal.
Fauzan Denira
Apakah ada kenalan yang memakai fb ads untuk bisnis properti? Worth it ngga ya? Ada ngga perbedaan dg mamikos dll?
Ada, navil siapa gitu. Beliau jualan peci memakai FB Ads. Mas Derajad Jewandoko, beliau usaha properti. Sebenernya FB marketplace itu mirip-mirip dengan Mamikos dan OLX.

SESI MATERI INKSCAPE

Free Software
ï‚·Freedom to run
Artinya, bebas untuk menjalankan software.
ï‚·Freedom to study
Artinya, bisa bebas tuntuk mempelajari.
ï‚·Freedom to Modify
Artinya, ebas memodifikasi.
ï‚·Freedom to Redistribute
Artinya, bebas untuk dibagikan.
Software desain gratis meliputi Inkscape, Krita (Bisanya digunakan oleh ilustrator), GIMP (Untuk fotografi).

Kenapa Harus Inkscape
ï‚·Gratis.
ï‚·Backup otoomatis (tetap tenang saat Nor Responding). Inkscape itu seperti Corel Draw. Inkscape tergolong ringan, bisa mem-back up otomatis (ketika laptop sedang not responding, file akan ter-back up).
ï‚·Tersedia dalam bahasa indonesia walaupun asing.
ï‚·Bentuk respect kita terhadap suatu karya karena bisa download yang ORI secara gratis karena tidak boleh mendowload yang bajakan

Font
ï‚·Google Font untuk kepentingan personal dan komersial.
ï‚·Dafont hanya lisensi personal
ï‚·Font.squirrel untuk kepentingan komersil
Ikon atau elemen desain
ï‚·Flat Icon (Bisa format .spg)
ï‚·Freepik. Sumbernya ada banyak sekali.
ï‚·Remix
Resource photo
ï‚·Unsplash
ï‚·Pixabay
Ide dan tutorial
ï‚·Pinterest.
Pinterest bisa mencari lebih lanjut tema atau kata kunci yang sedang kalian cari.
ï‚·Youtube
Logo by nick untuk di yt.
ï‚·Instagram
Instagram @algazelia untuk inscape. @gohancy, vectera.id untuk creativepreneur.
Instagram Template
ï‚·Square 1:1 (1080×1080 px)
ï‚·Potrait 4:5 (1080×1350 px) bikin potraitnya biasanya menggabungkan potrait untuk isi tepi atas dan bawah, dan ditumpuk dengan square untuk content.
ï‚·Landscape (1920×1080 px) biasanya untuk video
ï‚·Instastory (1080×1920 px)

Pembuatan Konten Desain Grafis untuk Pemasaran Produk
1.Mencari ide menggunakan cara research: amati, tiru, modifikasi. Modifikasi dilakukan sesuai style tiap desainer masing-masing.
2.Foto produk. Foto yang ditampilkan harus detail untuk slide post selanjutnya.
3.Konsistensi warna
4.Selipkan postingan menggelitik yang sedang trend atau edukatif.
5.Mengunggah di waktu yang terbaik. Untuk di instagaram, waktu terbaik untuk upload adalah jam 10 pagi.

SESI PERTANYAAN
Ahmad Anggit
tolong dijelaskan lebih lanjut mengenai jenis-jenis font yang sebaiknya digunakan untuk masing2 kebutuhan (misal infografis, keterangan produk, dll)
Jawaban
Ketika font kalian komersial produk, silakan kalian gunakan untuk berjualan. Untuk personal produk, silakan kalian gunaka nuntuk non profit. Ada lagi lisensi yang lain, yaitu donation ware, ini untuk komersial use bisa karena kita kan sudah membayar. Untuk font, kalian bebas menggunakan font yang kalian sukai dan menyesuaikan dengan penggunaan, misal untuk berjualan. Kalau untuk platform penjualan, biasanya mereka menggunakan font yang simple.
Dian
Kak, tadi kan konsistensi warna penting untuk post di olshop. Nah apabila ternyaata di tengah2 itu menyadari bahwa warnanya nggasesuai dengan konsep, kemudian akan diganti, bagaimana cara yang benar untuk mengatur post-an agar ttep menarik di pergantian warnanya? Karena seringnya terasa anjlog gitu tiba2 beda warna.
Jawaban
Kalian bisa menggunakan gradien warna untuk warna transisi dari warna awal ke warna selanjurnya. Misal, warna sebelumnya pink lalu kalian ingin mengganti warna ungu, kalian bisa menggunakan transisi warna gradien pink ke ungu.
TIKA DWI ASTUTI ASTUTI
Kak febri izin bertanya, tadi pas diawal mendengar kalau misal ketika mendesain terus laptop not responding jangan khawatir karena ada “backup”, itu ada step nya atau bagaimana ya kak? Atau harus di save setiap langkah? Soalnya ketika mendesain beberapa terus not responding pas dibuka yg terlihat adalah halaman terakhir yg telah disave.

Itu akan ke back up. Tapi lebih baik sering-sering di save di saat melakukan desain satu bentuk ke desain bentuk yang lain.
FAUZAN DENIRA
Apakah mbaknya freelancer? Jika iya orderan apasajakah yang kakak dapatkan? Apakah ada yang berbau olshop?
Jawaban
Barusaja daftar menjadi kontributor FREEPIK. Apabila ingin bergabung kontributor freepik, harus siapkan 20 design yang dimasukkan agar di acc dan tidak dikeluarkan. Karena apabila bikin akunnya dulu baru mengumpulkan design, maka bisa di block. Berbau dengan olshop pernah bikin logo.
AHMAD ZAQI OCTAVIAN MAHATMA
Kak, izin bertanya. Apakah selama ini hasil desain kakak menggunakan aplikasi inkscape ini? Dan mengapa inkscape tidak sepopuler corel ataupun Photoshop?
Jawaban
Pernah menggunakan photoshop tetapi hanya objek biasa karena tidak ada keinginan untuk menekuni ini. Kemudian, inkscape terasa lebih mudah, tampilannya simpel, tidak begitu berat di laptopnya. Inkscape tidak sepopuler Corel Draw karena ini kan software tidak berbayar jadi tools-nya masih belum sebagus software lain yang berbayar. Software berbayar pengembangannya sudah bagus. Sejauh ini, Inkscape tidak tahu kapan mulai dikembangkan tapi setiap dua tahun sekali atau setahun sekali ada pembaharuan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top